Meraih sukses pada saat Anda melamar pekerjaan idaman merupakan dambaan setiap orang, tentunya juga bagi Anda. Demi mewujudkan hal tersebut, pastilah kita tidak segan untuk selalu menampilkan yang terbaik dari diri kita masing-masing, namun adakalanya tidak semua hal akan terjadi sesuai perkiraan kita, salah satunya ialah apa yang kita yakini ternyata belum selaras dengan apa yang dipertimbangkan dan diputuskan pihak personalia perusahaan selaku empunya pemberi keputusan kesempatan berkarir, di mana kita sedang melamar kerja.
berikut tips dan trik pada saat melamar pekerjaan atau interview. semoga bermanfaat :)
Menerima Panggilan Kerja:
1. Jika menerima panggilan kerja melalui telpon, jawab dengan bahasa yang sopan dan suara yang
lembut
lembut
2. Dengarkan dan catat baik-baik,
- Nama penelpon
- Nama perusahaan
- Alamat Perusahaan
- Nomor Telpon tersebut
- Contact person atau orang yang harus ditemui.
- Posisi yang ditawarkan
3. Cari informasi mengenai Jobdes dan Perusahaan tersebut
4. Survey lokasi satu hari sebelum interview
Persiapan pada saat Test atau Interview
1. Persiapan Fisik
- istirahat secukupnya, jangan tidur larut malam atau bergadang
- persiapkan pakaian yang akan dikenakan pada saat interview
- sarapan secukupnya
2. Persiapan mental
- lupakan sejenak masalah yang ada, fokus pada saat sesi tanya jawab
- jaga kepercayaan diri
- ciptakan First Impression yang positif
3. Persiapan teknis
- pelajari lebih dalam bidang ilmu/posisi yang dituju
- kenali kelebihan anda untuk ditonjolkan
- persiapkan alat-alat yang harus dibawa
Etiket Interview
1. Penampilan hal yang pertama dilihat oleh interviewer adalah
- berpakaian rapi
- formal
- sepatu tertutup
- datang dengan tubuh segar
Busana untuk pria
- kemeja yang dipadukan dengan celana bahan panjang
- kemeja warna putih atau senada dengan jas
- ikat pinggang dan dasi dengan warna atau motif yang sesuai dengan jas
- pakailah kaos kaki dengan warna gelap serta sepatu kulit warna hitam
- batasi sedikit mungkin perhiasan yang digunakan atau tidak sama sekali, kecuali cincin atau jam tangan
busana untuk wanita
- kemeja dengan warna soft dipadukan dengan celana bahan panjang atau rok selutut.
- blazer warna gelap (kerah menimpa kerah blazer)
- hindari warna mencolok
- pakailah make up tetapi tidak berlebihan (bedak, lipstik, blasom, eyeliner)
- sepatu resmi tingginya (5cm) dengan stocking warna netral
- tatana rambut rapi
2. Body Language
- pada saat memasuki ruangan berjalanlah dengan tubuh tegap, gaya sigap dan kedua tangan mengibas dengan bebas
- sodorkan tangan (sambil tersenyum) terlebih dahulu pada saat wawancara, bertanya bolehkah duduk bila belum dipersilahkan duduk
- sapalah interviewer dengan sapaan Bapak/Ibu
- senyuman, kerutan dahi/ekspresi wajah yang lain membantu mengantarkan pesan anda dengan baik
3. Sikap Berdiri
- badan tegap tidak membungkuk
- sikap siaga kedua tangan disamping
- pandangan mata kedepan (kontak mata)
- tidak boleh sikap istirahat ditempat dan kedua tangan dibelakang
- tidak ada gerakan tambahan (mengantuk)
4. Sikap Duduk
- badan tegap saat duduk
- posisi punggung tidak menyender dibangku belakang
- tangan dibawah jangan diatas meja
- pandangan kedepan (kontak mata)
- jika membawa tas diletakan dibawah bangku
- hindari topik-topik kontroversial pada saat wawancara
- hindari penggunaan bahasa yang tidak tepat
Dont!
- menyilangkan tangan di dada
- memasukan tangan disaku
- mengetuk/meremas jari
- memainkan pulpen
- menggaruk kepala atau menggumam
- memilin rambut dengan jari
- melepas sepatu
- membuat lelucon pada saat wawancara
- berbicara dengan volume kecil (sesuaikan dengan kapasitas ruangan)
- berbicara dengan teman atau peserta wawancara yang lain sebelum wawancara dimulai (fokus pada penilaian wawancara sebelum, pada saat dan setelah wawancara)
D0!
- cari informasi tentang perusahaan dan posisi yang dilamar
- tinjaulah lokasi wawancara
- rencanakan untuk tiba 30 menit sebelum interview
- bersikaplah dengan penuh percaya diri
- tekankan pada pencapaian yang pernah anda lakukan
- matikan handphone
- jangan memperlihatkan rasa putus asa dengan menunjukan bahwa anda mau mengerjakan apa saja bisa diterima di perusahaan tersebut
- jangan terlalu berpikir pada saat di beri pertanyaan
- ucapkan banyak terima kasih sambil berjabat tangan kepada interviewer atas waktu dan kesempatan yang diberikan